1. PERTUMBUHAN FISIK
a. pertumbuhan sebelum lahir.
Masa sebelum lahir merupakan pertumbuhan dan
perkembangan manusia yang sangat kompleks, karena pada masa itu merupakan awal
terbentuknya organ-organ tubuh dan susunan jaringan syarap membentuk system
yang lengkap. Kelahiran pada dasarnya merupakan pertanda kematangan biologis
dan jaringan syaraf masing-masing komponen biologis mampu berfungsi secara
sendiri.
b. pertumbuhan setelah lahir
pertumbuhan fisik manusia setelah lahir merupakan
lanjutan pertumbuhannya sebelum lahir dan berlangsung sampai masa dewasa.
Pertumbuhan fisik anak di bagi menjadi empat periode utama, dua periode di
tandai dengan pertumbuhan yang cepat dan dua periode lainnya di cirikan oleh
pertumbuhan yang lambat.
2.INTELEK
intelek atau daya fikir atau daya berkembang
sejalan dengan pertumbuhan syaraf otak.
a. tahap pertama : masa sensori motorik ( 0,0-2,5
tahun ), masa ketika bayi mempergunakan system pengindraan dan aktifitas
motorik mengenal lingkungannya.
b. Tahap ke dua : masa pra-oprasional (2,0-7,0
tahun), kemampuan anak menggunakan symbol yang mewakili suatu konsep. Kemampuan
simbolik memungkinkan anak melakukan tindakan-tindakan yang berkaitan dengan
hal-hal yang telah lewat.
c. Tahap ke tiga : masa konkreto prerasional
(7,0-11,0 tahun), melakukan berbagai macam tugas yang konkret.
*) . identifikasi : mengenali sesuatu
*) . negasi : mengingkari sesuatu
*) . reprokasi : mencari hubungan timbal balik antara
beberapa hal.
d. Tahap ke empat : masa operasional
(11,0-dewasa) dalam usia remaja dan seterusnya seseorang sudah mampu berfikir
abstrak dan hipotesis, memperkirakan apa yang munkan terjedi, dan mengambil
kesimpulan.
3.EMOSI
Rasa dan perasaan merupakan salah satu potensi yang
khusus di miliki oleh manusia. Emosi merupakan gejala peresaan di sertai dengan
perubahan atau prilaku fisik. Seperti marah yang di tunjukan dengan teriakan
seorang yang gembira akan melonjak-lonjak sambil tertawa lebar, dan sebaliknya.
4. SOSIAL
Bayi lahir dalam keadaan yang sangat lemah. Ia
tidak mampu hidup terus tanpa bantuan orang lain, terutama ibunya, jadi setiap
orang membutuhkan orang lain. Dalam proses pertumbuhan setiap orang tidak dapat
berdiri sendiri. Setiap manusia memerlukan lingkungan dan senantiasa akan
memerlukan manusia lainnya. Dalam perkembangannya setiap orang akhirnya
mengetahui bahwa manusia itu saling membantu dan di bantu , memberi dan di
beri.
5. BAHASA
fungsi bahasa adalah sebagai alat komunikasi.
Bicara adalah bahasa suara, bahasa lisan dan perkembangan awal berbahasa lisan,
bayi menyampaikan isi pikiran atau perasannya dengan tangis atau ocehan. dan
lebih lanjut 6-9 bulan mulai berkomunikasi dengan satu kata atau dua kata.
Dengan demikian seterusnya anak mulai mampu menyusun kalimat tiga kata untuk
menyatakan maksud atau keinginannya.
6. BAKAT KHUSUS
Bakat merupakan kemampuan tertentu yang di miliki
oleh seseorang individu yang hanya dengan rangsangan atau sedikit latihan
kemampuan itu dapat berkembang. Tiga dimensi bakat ( BULLFROD) :
(i) dimensi perceptual
(ii) dimensi psikomotorik
(iii) dimensi intelektual
seseorang yang berbakat akan cepat dapat di amati
sebab kemampuan yang di miliki akan berkembang dengan pesat dan menonjol. Bakat
khusus merupakan salah satu kemampuan untuk bidang tertentu seperti seni, olah
raga, atau keterampilan.
7. SIKAP, NILAI, DAN MORAL.
Tujuan akhir proses belajar di kelempokan menjadi
tiga sasaran yaitu:
a. penguasaan pengetahuan(kognitif)
b. pengiasaan nilai dan sikap (afektif)
c. penguasaan psikomotorik
Masa bayi belum mengenal moral, karena bayi belum
mengenal nilai dan suara hati. Perilakunya belum di bimbing oleh norma-norma
moral. Pada awalnya pengenalan moral, nilai dan perilaku serta tindakan itu
masih bersifat paksaan akan tetapi sejalan dengan perkembangan inteleknya
berangsur-angsur anak mulai mengikuti berbagai ketntuan yang berlaku di dalam
kehidupannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar