Rabu, 19 Desember 2012

tips agar tidak dehidrasi


 Sepuluh Tips Agar tak Dehidrasi (© 1) Anda harus menjaga tubuh agar tetap hidrasi atau memiliki cairan tubuh yang cukup. Ini untuk menghindari dari banyak kemungkinan anda terkena penyakit, khususnya dehidrasi.

Kondisi dehidrasi bisa menyebabkan penyakit stroke, kelelahan, kram, dan ruam. Berikut 10 tips agar anda tidak dehidrasi:



1. Minum sebelum haus

Anda disarankan minum sebelum merasa haus. Tubuh yang haus menunjukkan anda mendekati kondisi dehidrasi. Seseorang biasanya baru minum dikala dahaga. Sehat itu adalah dikala kebutuhan cairan tubuh terpenuhi dengan baik, bahkan dikala anda tak merasa haus sama sekali.

2. Utamakan air putih, bukan minuman manis

Minuman manis memang membantu memuaskan dahaga anda. Namun, minuman manis juga membawa kelebihan kalori yang bisa merugikan kesehatan anda. Akan lebih baik jika anda lebih banyak minum air putih ketimbang minuman manis.

3. Bawalah botol air

Kebiasaan membawa air di dalam botol akan memberi anda kesempatan kapanpun untuk memenuhi cairan tubuh. Ini juga semakin membuat anda teratur untuk minum sebelum anda merasa haus.

4. Jus alami

Anda mungkin lebih suka minum air buah atau jus ketimbang minum air putih dikala haus. Bahan-bahan alami seperti jeruk nipis, stroberi, atau potongan ketimun juga baik dicelupkan ke dalam air. Atau, anda bisa mengolahnya menjadi jus.

Menambahkan buah-buahan lebih baik ketimbang anda menambahkan bahan makanan buatan lainnya ke dalam air, seperti serbuk perasa buah, atau sirup. Pasalnya, itu semua mengandung kalori yang sama kandungannya dengan minuman bersoda.

5. Minum air karbonasi

Minum air karbonasi, tapi bukan soda, juga termasuk pilihan menarik. Sebab, anda bisa mendapatkan rasa yang sama dari botol minuman soda. Gelembung dan fizz dari minuman karbonasi tidak mengandung kalori seperti minuman soda. Inijauh lebih aman jika anda mengonsumsinya saat makan di restoran.

6. Hindari minuman beralkohol

Minuman beralkohol, seperti bir dingin dari lemari es bukanlah ide yang bagus untuk anda minum saat haus. Alkohol hanya memberikan anda kesegaran diawalnya saja. Jika itu sering dilakukan, maka menyebabkan penyakit diuretik dan menyebabkan anda sering buang air kecil.

7. Minum 'Sport Drinks'

Kegiatan di luar ruangan di bawa cuaca panas, seperti bersepeda, hiking, mendaki gunung, arung jeram, atau bermain voli membuat anda menghasilkan banyak keringat. Apalagi ini diperparah dengan suhu panas di luar. Dalam kondisi ini, minuman 'Sport Drinks' bisa anda konsumsi sebab dapat mengisi setiap nutrisi yang hilang dalam keringat anda.

8. Minum air yang diembunkan

Anda mungkin suka minum air dingin yang dikeluarkan dari lemari pendingin. Alangkah sehatnya jika setiap pagi hari anda minum air putih yang sudah diembunkan. Kebiasaan ini sering dilakukan oleh orang-orang zaman dulu. Mereka menaruh botol air di atap atau halaman rumput di depan rumah pada malam hari, kemudian meminum airnya pagi harinya. Air ini lebih segar dibandingkan air yang disimpan di lemari pendingin.

9. Buat pengingat

Saat seseorang terlalu sibuk bekerja, terkadang lupa untuk tetap minum teratur. Aturlah waktu anda, atau buatlah pengingat, misalnya alarm untuk memberitahu anda waktunya minum. Itulah gunanya jika anda membawa botol air yang bisa diisi ulang.

10. Makan buah dan sayur

Daripada anda membeli es krim atau minuman soda dingin, lebih baik anda memperbanyak memakan buah yang mengandung air. Misalnya semangka, jeruk, anggur, kelapa, dan mentimun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar