Senin, 24 Desember 2012

6 cara menjaga makanan agar tidak mudah basi

Kesal terkadang ketika makanan yang kita buat ternyata ketika hendak kita makan sudah tidak bisa lagi alias basi, Anda pasti tidak ingin hal tersebut terjadi karena itu saya mempunyai 6 cara untuk menjaga makanan agar tidak mudah basi :

1. Jaga area dapur, peralatan masak, dan alat – alat makan selalu dalam keadaan bersih dan kering

2. Pilih sayuran yang masih segar kemudian cuci hingga benar- benar bersih barulah di potong-potong

3. Pada saat mencicipi masakan gunakan sendok, jangan gunakan jari atau telapak tangan, gunakan sendok sekali saja dan jangan diulang-ulang kecuali di cuci terlebih dahulu karena makanan bisa terkontaminasi dari telapak dan ludah kita.

4. Pada saat menumis bumbu masakan, bumbu harus di tumis hingga benar-benar tajam dan tidak berbau langu,barulah masukan bahan makanan yang berkuah tunggu sampai air mendidih secara sempurna, terutama makanan yang bersantan barulah masukan bahan makanan.

5. Agar nasi tidak cepat basi, setelah matang aduk- aduk sambil dikipas-kipas hingga uap panas nya hilang, hal ini akan menambah lembut nasi dan tidak mudah basi.

6. Setelah masakan matang tunggu sebentar agar uap panasnya hilang, barulah masukan makanan dalam wadah yang bersih dan kering, lalu tutup rapat.

Sajikanlah makanan yang bersih dan higienis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar